Selasa, 24 Februari 2015

Resume Jaringan Komputer







       1.       Apa yang di ketahui tentang jarkom ?
Jawab : Jaringan komputer adalah sistem yang terdiri dari gabungan beberapa perangkat komputer yang di desain untuk dapat berbagai sumber daya, komunikasi dan akses informasi dari berbagai komputer yang satu dengan yang lain.

       2.       Tujuan dan harapan mata kuliah ini ?
Jawab : 
Tujuan :
-           Jaringan komputer membantu kita untuk mendapatkan informasi agar tetap handal dan terbaru.
-          Jaringan komputer mengefisienkan manajemen sumber daya.
-          Jaringan komputer membantu tim kerja agar dapat berkomunikasi dengan efisien.
-          Jaringan membantu dalam melayani klien secara lebih efektif
-          Jaringan mempercepat proses data sharing (berbagi data).
Harapan :
-          Paham dengan mata kuliah ini.
-          Menguasai semua materi jarkom.
-          Mendapatkan nilai A.
-          Dapat mengikuti ujian sertifikasi CISCO.

    3.       Kenapa jarkom penting ?
Jawab : Dalam dunia teknologi informasi saat ini, keberadaan jaringan komputer sangat memiliki peran penting karena dengan adanya jaringan komputer inilah kita bisa melakukan koneksi dengan orang lain lewat media komputerisasi.

    4.       Contoh dan Dampaknya :
Jawab :
                Contoh jaringan komputer :
-          LAN(Local Area Network) : suatu jenis jaringan komputer dengan mencakup wilayah lokal.
-         MAN (Mentropolitan Area Network) : digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer suatu kota ke kota lainnya.
-        WAN (Wide Area Nrtwork) : untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain atau dari satu benua ke benua yang lainnya.
-        Internet : Jaringan komputer yang glibal atau mendunia. Karena internet merupakan jaringan-jaringan komputer yang terhubung secara mendunia, sehingga komunikasi dan transfer data atau file menjadi lebih mudah.
-      Wireless (Tanpa Kabel) : Wireless merupakan jenis jaringan komputer yang menggunakan media transmisi data menggunakan kabel.
                Dampak Negatif :
-          Peningkatan biaya untuk membangun jaringan. Ketika jaringan dalam sebuah perusahaan akan dibuat, diperlakukan sejumlah anggaran tertentu, baik unruk konsultasi perencanaan, jasa pembangunan jaringan, dan juga pemilihan hardware dan software. Sedangkan bagi pengguna rumahan, biaya yang dibutuhkan relatif lebih kecil tetapi harus di pertimbangkan lebih matang agar jaringan yang dibuat tidak menimbulakan biaya tambahan (overhead) lagi, karena timbulnya beberapa masalah di kemudian hari.
-          Diperlukan manajemen hardware dan administrasi sistem. Kadang-kadang, hal ini dianggap sepele dibandingkan proses implementasi. Padahal, jika terjadi kesalahan, bisa jadi sistem jaringan harus ditinjau ulang dan bahkan direkonstruksi ulang. Oleh karena itu, diperlukan staf IT berpengalaman dan profesional yang mampu mengerjakannya.
-          Berbagai file yang tidak dikehendaki. Kemudahan berbagai file bisa mengakibatkan kebocoran data, karena dibaca oleh orang yang tidak berhak mengaksesnya. Oleh karena itu, diperlukan seorang administrator jaringan yang mampu menangani semuanya.
-          Virus dan hacking, keduanya telah menjadi momok bagi administrator jaringan, karena jaringan bisa down dan pekerjaan menjadi berhenti.
Dampak Positif :
-          Koneksi internet yang makin meluas
-          Berbagai sumber daya, sehingga menghapuskan masalah jarak. Misalnya seorang pegawai kantor cabang yang berada pada jarak 100km dari kantor pusat, ia tetap bisa mengambil atau memodifikasi data di kantor pusat tanpa harus pergi kesana.
-          Ketahanan data tinggi, sehingga setelah data di salin ke komputer lain pada jarak ribuan kilometer, resiko rusak/hilangnya data di komputer sumber masih dapat diatasi.
-          Menghemat uang. Mikrokomputer semacam PC atau Apple memiliki ukuran yang kecil dan berharga lebih murah dibandingkan komputer lebih besar, seperti mainframe atau superkomputer. Tetapi, mainframe mempunyai kecepatan sepuluh kali lipat di bandingkan mikrokomputer. Untuk itu, di bangunlah sistem komputer yang terdiri dari mikrokomputer-mikrokomputer yang mempunyai kecepatan menyamai mainframe.
-          Berbagi hardware. Andaikan di sebuah perusahaan hanya terdapat sebuah printer laser. Maka dengan jaringan, seluruh komputer pegawai yang terhubung ke jaringan kantor tetap bisa menggunakan printer tersebut.
-          Keamanan dan keteraturan data. Dengan jaringan komputer, seorang administrator jaringan dapat mengorganisasi data-data penting di kampus atau kantor. Misalnya, data-data penting yang tercecer dan terpisah di setiap departemen dapat disimpan menjadi satu kesatuan data dalam sebuah server back end untuk kemudian direplikasi menjadi beberapa bagian sesuai kebijakan perusahaan. Administrator jaringan pun dapat menentukan dan mengubah orang-orang  yang berhak mengakses datadata tersebut.
-          Kestabilan dan peningkatan performa komputasi, kinerja aplikasi data di tingkatkan dengancara pembagian tugas komputasi yang disebar pada beberapa komputasi di jaringan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar